Halo sobat engineers.. bertemu kembali dengan nevtik, kali ini kita akan membahas mengenai autentikasi proxy. Nah sebelumnya kita juga pernah membahas mengenai proxy dan konfigurasi dasarnya pada artikel sebelumnya. Bagi yang belum baca silahkan dibaca terlebih dahulu.
Fungsi dari autentikasi itu sendiri yaitu untuk memberikan keamanan kepada jaringan atau proxy yang kita buat agar tidak sembarang pengguna dapat masuk ke proxy yang telah kita buat, bisa juga untuk mengatur user tertentu saja yang dapat mengakses proxy server yang telah dibuat. Satu catatan bahwa apabila kita mengaktifkan autentikasi proxy maka kita tidak dapat menjalankan proxy dalam mode transparent, karena dalam autentikasi hanya klien tertentu yang dapat mengakses proxy server tersebut sedangkan mode transparent digunakan agar klien terhubung secara otomatis ke dalam proxy server. Nah mungkin itu saja penjelasan singkatnya, sekarang kita lanjut ke konfigurasinya ya sob..
#1 Install Squid dan Apache 2
Squid merupakan aplikasi sebagai proxy server nantinya sedangkan apache sendiri sebagai aplikasi layanan web server. Pada proxy apache bekerja untuk menyimpan user beserta password untuk proxy server nantinya. Untuk menginstall ketikkan command “apt-get install squid apache2“. Setelah selesai instalasinya maka lanjut ke konfigurasi pada squid.
#2 Konfigurasi Squid
Masuk ke dalam konfigurasi proxy server dengan mengetikkan command “nano /etc/squid/squid.conf“. Semua konfigurasi proxy server terdapat di dalam file tersebut. Setelah itu untuk mengaktifkan autentikasi proxy carilah kata “ncsa_auth” dengan menggunakan ctrl+w.

Hilangkan tanda pagar pada bagian yang telah diberi kotak merah agar konfigurasinya aktif, lalu yang diberi kotak merah “/etc/squid/passwd” itu merupakan direktori yang nantinya digunakan untuk menyimpan file user beserta password untuk autentikasi proxy.
Setelah itu cari “http_port 3128” disini kita akan mengubah port proxy server tersebut menjadi 8080 sesuai dengan yang kita inginkan.
Setelah itu cari “acl connect” lalu tambahkan dibawahnya script seperti gambar diatas. Beri nama acl sesuai yang kita inginkan. Lalu masukkan direktori autentikasi yang telah ditentukan dan buat http_access untuk allow autentikasi. Sampai disini konfigurasi dasarnya telah selesai.
#3 Buat User dan Direktori File User Proxy
Buatlah user dengan menggunakan perintah adduser lalu masukkan nama user yang akan dijadikan sebagai autentikasi proxy.
Selanjutnya buat file untuk autentikasi proxy sesuai dengan yang telah kita masukkan didalam konfigurasi proxy server sebelumnya.
Setelah itu tambahkan user yang telah dibuat ke file proxy yang telah ditentukan dengan menggunakan perintah “htpasswd -c [namauser] [direktorifile]“. Command tersebut berfungsi untuk menambahkan user yang akan digunakan untuk autentikasi nantinya sob.
#4 Restart Proxy Server
Setelah semua konfigurasi selesai terakhir kita restart service dari proxy tersebut menggunakan command “service squid restart”.
#5 Konfigurasi Pada Klien
Pada klien kita perlu mensetting agar terhubung ke proxy server yang telah dibuat. Masuk ke internet option –> connection –> LAN setting –> Advanced. Tambahkan IP server proxy beserta portnya, setelah itu klik OK untuk menyimpan konfigurasinya.
Apabila berhasil maka saat kita membuka browser akan muncul Windows Security yang mengharuskan kita login terlebih dahulu sebelum mengakses ke situs yang kita tuju. Kita dapat memasukkan user sesuai dengan user yang telah ditambahkan pada direktori file user proxy server.
Nah segitu aja sob konfigurasi untuk autentikasi proxy server menggunakan squidnya. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kalian semua jangan lupa untuk share ke teman – teman kalian. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya pada kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website kami :D. Have a nice day..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *