Hallo sobat engineers, kembali lagi dengan Nevtik. Kali ini, kita akan membahas tentang Konfigurasi SSH Server di Debian 7.8. Sebelum kita masuk ke konfigurasinya, apa sih SSH itu?

SSH (Secure Shell) adalah pengganti remote login seperti telnet, rsh dan rlogin yang memiliki fungsi utama untuk mengakses mesin secara remote dan menjamin keamanan selama melakukan transmisi data pada suatu jaringan. SSH merupakan protokol jaringan yang berjalan diatas TCP/IP Layer.
Langsung saja kita masuk ke konfigurasi dari SSH dengan Server Debian 7.8 dan Client yang sudah ada remote application nya.
Pertama kita masukkan CD1 yang terdapat paket SSH nya. jangan lupa untuk apt-cd rom add untuk melakukan scanning.
Install paket ssh dengan command seperti berikut
Pilih untuk melanjutkan instalasi berikutnya.
Lalu setelah installasi paket ssh selesai, masuk ke konfigurasi ssh untuk melihat/mengganti port dan autentikasinya dengan command seperti pada gambar,
Berikut adalah port SSH yaitu port 22, port ini bisa diganti angkanya sesuai dengan keinginan kita. Kita gunakan port 22
Kita yes permit root login (izin root untuk masuk) untuk diremote menggunakan ssh. Apabila kita ingin agar hanya user selain root yang masuk, maka permit root login yes kita ganti dengan tulisan no. Sekarang kita coba untuk mengizinkan user root.
Keluar dari konfigurasi dan menyimpan nya. ctrl+x y
Selanjutnya seperti biasa setelah melakukan konfigurasi pada paket di debian, kita harus merestart nya agar konfigurasi berjalan.
Konfigurasi sudah berhasil, untuk pengecekan kita coba di client, disini saya menggunakan software putty untuk remote nya.
  1. Isi IP address dari Server debian yang akan kita remote.
  2. Isikan Port yang tadi sudah dilihat, apabila dalam konfigurasi port nya kita rubah menjadi contoh, 2016 maka form port di putty juga kita isi 2016.
  3. Pilih SSH sebagai tipe koneksinya.
Pilih yes untuk masuk ke SSH jika ada notifikasi seperti berikut.
Login as kita isi dengan root dan password sama seperti debian server nya. Lalu kita berhasil masuk ke dalam server debian untuk melakukan remote access.
Konfigurasi SSH Server untuk remote sudah berhasil dijalankan. Selamat mencoba sobat engineers. Troubleshooting bisa ditanyakan pada kolom komentar dibawah ya kawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *