Hallo sobat enginers, Nevtik kembali lagi dengan tutorial kali ini yaitu konfigurasi NTP server. Sebelum kita masuk ke dalam konfigurasi kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu NTP Server ?

NTP Server

NTP adalah singkatan dari Network Time Protocol, sebuh protocol untuk mengsinkronkan sistem waktu (clock) pada komputer terhadap sumber yang akurat, melalui jaringan intranet atau internet. Sedangkan layanan server ini adalah sebuah layanan server yang mensinkronkan waktunya terhadap sumber waktu akurat, dan mentransmiskan paket informasi waktu kepada komputer client yang meminta.
Layanan ini bekerja dengan menggunakan algoritma Marzullo dengan menggunakan referensi skala waktu UTC. Sebuah jaringan NTP biasanya mendapatkan perhitungan waktunya dari sumber waktu yang terpercaya seperti radio clock atau atomic clock yang terhubung dengan sebuah time server. komputer ini disebut juga stratum 1. Kemudian jaringan ini akan mendistribusikan perhitungan waktu akurat ke dalam jaringan lain dengan protokol yang disebut stratum 2. Komputer dalam jaringan tersebut dapat menyinkronkan jaringan lain yang disebut stratum 3, dan selanjutnya sampai stratum 16.Protokol NTP tetap bekerja dengan baik dalam melakukan sinkronisasi antara client dengan servernya, tampaknya layanan ini tidak membeda-bedakan media cepat. Media lambat, media padat, media kosong, dan sebagainya.

Konfigurasi

Sebelumnya masukan terlebih dahulu ke super user/root, lalu masukkan DVD Debian 7.8 yang ke satu. Kemudian update repositorinya dengan mengetikan apt-cdrom add, lalu install NTP Servernya dengan mengetikan apt-get install ntp ntpdate.
Berikan IP Address untuk server  kita dengan perintah nano /etc/network/interfaces, jangan lupa untuk restart konfigurasi dengan perintah service networking restart.

Selanjutnya kita konfigurasi NTP nya dengan mengetikan nano /etc/ntp.conf. Kemudian berikan tanda # pada setiap server dari server 0 – 3 lalu tambahkan baris pada bagian terbawah dari ke-4 server tersebut tambahkan “server 127.127.1.0“ dan dibaris bawahnya lagi “fudge 127.127.1.0 stratum 1“
konfigurasi file ntp server
Jika sudah restart konfigurasi dengan perintah service ntp restart. Lalu cek apakah konfigurasi sudah benar atau tidak dengan mengetikan ntpq -p, hasilnya seperti gambar dibawah berarti konfigurasinya sudah benar.
Selanjutnya tinggal cek di client Windowsnya. Kita double-klik jam yang ada di pojok kanan bawah. Pilih date and time dan pindah ke tab internet time. Lalu isikan ip server NTP seperti gambar dibawah dan klik Update Now, apabila hasilnya seperti ini berarti konfigurasinya sudah benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *