Halo sobat Negineers kembali lagi dengan kami nevtik, sekarang sini kita akan membahas lagi tentang mail. Sebelumnya kita sudah membahas dan Konfigurasi Mail di debian 7.8 dengan courier-imap courier-pop, namun sekarang kita akan membuatnya dengan Dovecot. Apa sih itu Dovecot? dan gimana Konfigurasinya? Langsung saja kita bahas sekarang..

https://nevtik.org/konfigurasi-mail-server-di-debian-7-8/

Mail Server merupakan sebuah layanan untuk menerima atau mengirim email dalam suatu jaringan . Mail Server bertugas untuk mengumpulkan, menampung dan mendistribusikan pesan secara elektronik. Dengan adanya Mail Server kita dapat dengan mudah untuk mengirim ataupun menerima email. Mail menggunakan protocol SMTP, POP3, IMAP, dll.

  • SMTP (Simple Mail Transfer ProtoCol)

Merupakan sebuah Protokol pada Mail Server yang berfungsi menampung dan mendistribusikan email dari lokal ke server. Port SMTP 25 dan SMTPS 426.

POP3 (Post Office Protocol 3)

Merupakan sebuah Protokol pada client ataupun server dimana email dikirim dari server ke email lokal. POP3 akan mengunduh email langsung ke email lokal tanpa menyalinnya di server. Jadi kita tidak bisa mengunduh email yang sudah terkirim ke, dengan device yang lain. Port POP3 110 dan POP3S 995.

IMAP (Internet Message Access Protocol)

Hampir serupa dengan POP3, tetapi ada perbedaan antara IMAP dan POP3. IMAP menggunakan komunikasi 2 arah. Email akan otomatis tersimpan datanya di server, jadi jika kita ingin melihat kembali email terserbut, email lokal akan memintanya kepada server agar dapat ditampilkan kembali. Port IMAP 143 dan IMAPS 993.

Dovecot adalah server email IMAP and POP3 untuk Linux/UNIX dengan aman. Dovecot bekerja dengan cepat dan mudah di atur.

Konfigurasi Mail Server dengan Dovecot

Lanjut masuk ke konfigurasinya, pertama-tama kita install terlebih dahulu paket postfix, dovecot-pop3d dan dovecot-imapd. Jika saat di install terdapat tulisan Unable to locate package, jangan lupa masukan dan scan cd Debian 1 dan 2 terlebih dahulu dengan apt-cdrom add.

Saat sedang terinstall akan muncul tulisan seperti dibawah ini, tulis Y lalu enter.

Lalu saat telah terinstall akan muncul tab seperti dibawah ini untuk paket postfixnya yang ingin diinstall, tekan enter untuk melanjutkan instalasi.

Kemudian saat ada tab selanjutnya untuk tipe konfigurasinya pilih Internet Site lalu enter. Lalu di tab selanjutnya ganti nama system mail name dari yang tadinya nama hostname Debian menjadi nama domain mail.nevtik.org, enter kemudian tunggu lalu diminta untuk memasukan CD 2, setelah di masukan tekan enter dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

Ketikan dpkg-reconfigure postfix lalu enter untuk mengulang konfigursi default pada paket postfix.

Akan muncul tab yang sama persis dengan pembahasan tab diatas, enter sampai dengan mengisikan nama domain. Lalu akan muncul tab Root and postmaster mail recipient, kosongkan saja dan enter.

Kemudian pada pilihan pertanyaan Other Destination to accept mail pastikan sudah ada domain mail.nevtik.org pada isian, jika sudah lalu enter .

Force synchronous updates for mail pilih “No”.

Selanjutnya pada Local networks tambahkan 0.0.0.0/0 dibelakang angka 128. Ditambahkan seperti itu agar semua network bisa mengakses mail yang dapat mengirim dan menerima pesan.

Use procmail for local delivery pilih “No”

Lanjut di tab Mailbox biarkan saja 0, agar tidak ada limit pesan masuk.

Local address extension character biarkan saja “+”.

Pilih ipv4 untuk Internet Protocol yang digunakan.

Sekarang lanjutkan untuk konfigurasi mail untuk tiap user.

Di baris paling bawah tambahkan home_mailbox = Maildir/. Fungsi tersebut adalah untuk mengarahkan pesan kotak masuk tiap user berada di Maildir/. Kemudian ctrl+x y dan enter. Lalu restart postfixnya service postfix restart.

Kemudian kita lanjutkan untuk konfigurasi dovecotnya. Masuk ke directory /etc/dovecot/dovecot.conf.

Lalu cari tulisan #listen = *, : : dan hilangkan pagarnya lalu ubah menjadi listen = *

Lanjut ke directory selanjutnya /etc/dovecot/conf.d/10-auth.conf untuk di konfigurasi

Cari tulisan #disable_plaintext_auth = yes, di ganti dengan disable_plaintext_auth =  no. Yes untuk autentikasi user dari luar dan no untuk local user.

Kemudian sekarang berpindah ke direktori /etc/dovecot/conf.d/10-mail.conf.

Cari tulisan seperti dibawah ini. Lalu hapus pagar di baris yang berada di tulisan mail_location = maildir:~/Maildir dan tambahkan pagar di baris mail_location = mbox:~/mail:INBOX=/var/mail/%u.

Menjadi

Bergantinya tanda pagar di kedua baris itu karena saat di konfigurasi postfix, lokasi yang mail kita arahkan ke direktory Maildir. Lalu restart dovecot dengan service dovecot restart.

Setelah kita selesai konfigurasi dovecot dan postfixnya, kita konfigurasi untuk usernya.

Pertama-tama kita tambahkan user1 dan user2 dengan adduser user1 dan adduser user2 dengan password 123.

Kemudian buat direktori Maildir di dalam direktori user dengan perintah maildirmake.dovecot /home/user1/Maildir dan maildirmake.dovecot /home/user2/Maildir.

Kemudian beri hak akses home folder user.

Terakhir kita coba untuk mengirim email dengan menggunakan telnet mail.nevtik.org 25. Ketikan seperti dibawah ini. Dan pastikan tidak ada eror.

mail from:user1

rcpt to:user2

HALO DISINI MAIL DENGAN DOVECOT

.

Quit

Setelah pengiriman dari user1 menggunakan smtp selesai, sekarang kita akan mengecek kotak masuk user2 menggunakan pop3. Ketikan perintah telnet mail.nevtik.org 110.

user user2

pass 123

stat

retr 1

quit

Saat dilihat terdapat mail yang dikirim dari user1.

Nah sekarang kalian sudah tahu perbedaannya konfigurasi untuk Mail dengan Dovecot atau Courier. Sampai sini dulu pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *