Hai sobat Negineers… Tutorial kali ini akan berbeda dari sebelumnya karena kali ini saya akan membagikan cara rendering yang sangat simple. Kedepannya Blog ini tidak akan hanya membahas tentang networking saja. Kali ini Saya belum menjelaskan secara detail dari arti setiap bagian di render. Karena saya ingin menjelaskan hal – hal yang ringan terlebih dahulu. Udah dah yak… curhatnya selesai wwkwk… Langsung ke tutorial.

 

  1. Setelah kalian selesai mengedit footage kalian silahkan tekan “File” di tab
  2. Lalu pilih “export”

  1. Lalu Pilih Media. Atau anda bisa langsung tekan “Ctrl + M” tanpa mengikuti langkah tadi.
  1. Setelah itu akan muncul seperti gambar di bawah ini.

  1. Untuk bagian sebelah kiri ini adalah footage yang akan Kalian render.

  1. Sedangkan di sebelah kanan terdapat Settingan Render

 

  1. Lalu format ubah kedalam “H.264” untuk menghasilkan format MP4. Kenapa MP4? Karena saat ini MP4 adalah format yang sering di pakai saat ini.

 

  1. Setelah itu ubah juga Preset dengan “Match Source – High Bitrate” untuk menghasilkan ketajaman yang tinggi.

  1. Lalu klik “Output Name” untuk mengubah nama dan lokasi untuk menyimpan video render

kalian.

  1. Lalu klik Export untuk memulai render video.

Proses rendering akan seperti ini…

*Note : Apabila telah menetapkan preset maka jangan mengubah yang lainnya ( selain yang di jelaskan tadi ). Jika mengubah yang lainnya maka preset akan terubah menjadi “Custom”.

 

Oke sobat Negineers… Semoga bermanfaat share ke temen temen kalian yang membutuhkan cara render… oh iya, jangan heran ya apabila ketika rendering suhu pada laptop / PC akan naik karena ketika rendering biasanya penggunaan CPU akan menjadi 100% yang berarti CPU sedang berkerja keras. Untuk itu apabila kalian khawatir dengan suhunya disarankan menggunakan fan cooler atau render di tempat yang dingin. Atau untuk kalian yang menggunakan laptop / PC Gaming biasanya terdapat fitur untuk mempercepat Fan. Sangat dianjurkan untuk menggunakan fitur itu ketika Rendering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *